-->

Selasa, 16 Juni 2009

Tentang PraSANGKA

Saya pernah meminta seseorang utk mengobrol,sebut sj lupus. Diapun memnuhi ajakan saya,kepadanya saya bercerita panjang lebar,tapi ditengah saya bercerita saya lihat dia menguap 2 sampe 3 kali,spontan saya menegur "pus, kl km tdk mau dengar pulang aja",kataku. Dia lantas menjawab dgn lirih, "Rud,td malam ibu saya masuk rumah sakit,saya harus menjaga beliau sapai jam 2 malam, tp karena km membuthkan saya maka merasa perlu utk dtg,dan saya dtg dgn ikhlas, saya mendengar semua yg km ceritkan dan saya jg berfikir saat yg tepat dan bgmana menanggapi agar km tdk merasa tersinggung".

Kenapa kita terbiasa berprasangka buruk kpd org lain?

Padhal dlm agama Islam kita diajarkan untuk tidak berprasangka buruk kpd org lain.
Prasangka membuat orang orang bersfat defensif,tdk koperatif,kehilangan kemampuan untuk menganalisa dan lebih mengedepankan subjektifitas. Prasangka hanya akan menghancurkan anda.

Musuh terbesar anda adalah Pikiran anda sendiri,bukan perilaku org lain.

Bebaskanlah perasangka buruk yg menjadi belenggu fikiran anda, BERFIKIRLAH MERDEKA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar