-->

Kamis, 15 November 2012

Tentang 1 Muharram: Download Kalender 1434H/2013M gratis

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Sebelumnya saya ucapkan selamat Tahun baru Hijriah 1 Muharram 1434 Hijriah.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit artikel seputar 1 Muharram atau tahun hijriah. Tahun Hijriah dimulai sejak peristiwa Hijrahnya nabi dari Kota Makkah ke Kota Madinah, dikarenakan ancaman pembantaian dari kaum kafir quraish saat itu.


Dalam prosesi peristiwa hijriyah tersebut secara implisit mengandung suatu strategi politik yang sangat mengagumkan ,strategi perjuangan yang dipraktikan dengan sangat baik oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya yang sangat setia . Bagaimana Rasulullah SAW berhasil melepaskan diri dari kepungan orang -orang Quraisy ,lalu bersama Abubakar As Shiddiq kemudian beberapa hari mendiami Gua Tsur tidak segera pergi ke Yastrib.Sementara Ali Bin Tahlib ,keponakannya dengan sangat berani justeru tinggal di kediaman Nabi Muhammad Rasulullah SAW untuk menggantikan beliau.
Dari kota Madinah inilah kemudian Nabi Muhammad SAW menata berbagai aspek sosial masyarakat yang multi kultural dalam berbagai aspek sosial kehidupannya,dengan menyatukan kelompok etnis bangsa setempat dengan kaum Muhajirin ,bangsa Arab,Bangsa Yahudi hidup berdampingan penuh toleransi , saling hormat menghormati satu dengan lainnya.Kemerdekaan beragama,Islam,Yahudi,Kristen sangat dihormati ,serta masing-masingnya bebas menjalankan ajaran agamanya . Dan siapa yang mengusik mereka serupa halnya dengan mengusik diri Nabi Muhammad SAW,mereka ahli kitab yang bersahabat dengan muslim harus dilindungi berbagai aspek sosial kehidupannya.Inilah dekalarasi Madinah yang diberlakukan oleh Nabi MUhammad SAW ketika dibagian dunia lainnya masih terjadi manusia kuat memakan manusia lemah(Homo-homini lupus).
Agama Islam pun mengalami perkembangan amat pesat. Dalam kurun waktu relatif singkat, hanya sekitar 8 tahun, suara Islam mulai bergema ke seluruh penjuru dunia dan Islam pun berkembang meluas ke seluruh pelosok permukaan bumi. Karena itu tidak mengherankan jika peristiwa hijrah merupakan titik awal bagi perkembangan Islam dan bagi pembentukan masyarakat Muslim yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW. Menurut para pakar sejarah, masyarakat Muslim, kaum Muhajirin dan Anshar, yang dibangun Rasulullah SAW di Madinah merupakan contoh masyarakat ideal yang patut ditiru, penuh kasih sayang, saling bahu-membahu dan lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan peribadi. Karena itu, tidak mengherankan jika Khalifah Umar bin khattab menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal perhitungan tahun baru Islam, yang kemudian dikenal dengan Tahun Baru Hijriah.

Nah, bagi yang ingin melihat kalender Hijriah 1434 Hijriah, silahkan download pada link berikut:

KALENDER HIJRIAH 1434H/2013M.rar

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar